Selasa, 20 Maret 2012

Search Engine

Search engine merupakan suatu istilah atau penyebutan bagi website yang berfungsi sebagai mesin pencari, mesin pencari ini akan menampilkan berbagai informasi berdasarkan permintaan dari user pencari konten, konten yang ditampilkan adalah konten yang memang sudah terindex dan tersimpan di database server search engine-nya itu sendiri.
Dewasa ini sudah mulai menjamur website-website search engine, namun dari sekian website search engine terbilang populer, saya urutkan berdasarkan tingkat kepopulerannya :





  1. Google.com
  2. Yahoo.com
  3. msn.com
  4. bing.com
  5. ask com
  6.  baidu.com
  7. Aol.com
  8. Altavista.com
  9. Lycos.com
  10. Alexa.com
Dari kesepuluh search engine diatas, saat ini search engine yang paling banyak digunakan dan disebut-sebut sebagai search engine yang terbaik adalah Google, dalam pencariannya pun dikenal dengan istilah Googling.

Google Inc. (NASDAQ, GOOG, LSE : GGEA) merupakan sebuah perusahaan publik di Amerika Serikat, dan berperan dalam pencarian internet dan iklan online, Google didirikan oleh     Larry Page dan Sergey Brindan, mereka adalah mahasiswa di Universitas Stanford. Memiliki Keuntungan $1,67 miliar pada tahun 4 September 1998.

 




MSN pada awalnya dikuasai oleh Yahoo dan mereka berniat untuk mempunyai pencarian produk yang mereka inginkan, didirikan tahun 2004 dan merupakan pengembangan layanan update dari Microsoft.
Ada beberapa bagian penting dari MSN ini yaitu : Windows Live Hotmail, Windows Live Messenger, My MSN, Microsoft Internet Explorer 8, MSN Image, MSN Videos, MSN Shopping, MSN News, dan MSN Maps.




Yahoo! Inc. merupakan salah satu perusahaan layanan publik, berkantor pusat di Sunnyvale, California Amerika, yang menyediakan layanan Internet secara global, meliputi seluruh dunia. Perusahaan ini terkenal akan portal web, mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News,Iklan, Pemetaan Online (Yahoo! Maps), Yahoo! Video, dan website media sosial dan jasa.
 
 
 
 
 
 
 
 
Bing merupakan salah satu mesin pencari (search engine) website yang bernaung di bawah bendera  Microsoft, Bing ini merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya sebelumya, yaitu Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search. Produk mesin pencari yang baru ini secara resmi dilucurkan pada tanggal 3 Juni 2009 menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search. Bing diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni teknologi PowerSet. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Windows Skydrive, Facebook, dan e-mail. Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu :
  1. Web untuk pencarian halaman situs atau website.
  2. Images untuk pencarian gambar.
  3. News untuk pencarian berita.
  4. xRank untuk pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.
  5.  
 


 



Alexa Internet, Inc. adalah perusahaan layanan publik berkantor di California, Amerika yang mengoperasikan situs yang menyediakan informasi mengenai banyaknya pengunjung suatu situs dan urutannya dan didirikan pada tahun 1996 dikembangkan oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat.




Detikcom ialah sebuah portal web yang berisi tentang penyajian berita aktual dan artikel daring ditanah air  Indonesia. Detikcom merupakan salah satu situs berita terpopuler di Indonesia yang berbedae dengan situs-situs berita berbahasa Indonesia lainnya, detikcom hanya mempunyai edisi daring dan menggantungkan pendapatan dari bidang iklan. Meskipun begitu, detikcom merupakan yang terdepan dalam hal berita-berita baru (breaking news). Sejak tanggal 3 Agustus 2011, DetikCom menjadi bagian dari PT. Trans Corporation , dan salah satu anak perusahaannya adalah CT Corp. 


Cangkok.com search engine yang menggunakan bahasa indonesia, cangkok hampir menyerupai seperti google.
Cangkok berusaha memberikan hasil pencarian yang terbaik di internet, khususnya hasil pencarian dalam Bahasa Indonesia. Cangkok, membuat mesin pencarian terbesar di Indonesia, dengan teknologi pencarian terbarukan menempatkannya pada posisi yang jauh berbeda dengan mesin pencarian yang tersedia saat ini. Dan berusaha terus-menerus dikembangkan, sehingga dapat memberikan hasil pencarian yang benar-benar relevan dengan keinginan pemakai.
Metode siterank cangkok menempatkan informasi-informasi yang paling relevan akan ditampilkan dahulu. Cangkok menilai pentingnya infomasi pada halaman web, tidak hanya berdasarkan perolehan suara yang diperoleh, juga tidak hanya dari hasil analisis terhadap si pemberi suara yang ngeklik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar